PMKG Gorontalo Gelar Deklarasi Dengan Visi Persatuan

Bci. News, Kabgor – Setelah melalui berbagai tahapan dan diskusi yang panjang, akhirnya Persatuan Mahasiswa Kesehatan Gorontalo (PMKG) menggelar deklarasi, Minggu (21/1/2024)

Agenda yang diselenggarakan di Gedung Indor David Bobihoe Akib Universitas Muhammadiyah Gorontalo, dihadiri oleh
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Anang S. Otoluwa bersama Wakil Dekan I Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Muhammad Rifki Ismulail.

Deklarasi PMKG yang dirangkaikan dengan kegiatan ilmiah berupa seminar kesehatan BEM FKIK UMGo itu mendapatkan banyak apresiasi dari berbagai pihak, termasuk Kadis Kesehatan Provinsi Gorontalo, Anang S. Otoluwa.

“Kolaborasi antar profesi kesehatan sangat penting untuk menyelesaikan masalah kesehatan dimasa yang akan datang. Kerjasama itu harus mulai ditumbuhkan jauh hari sejak masih mahasiswa. Maka deklarasi PMKG ini sangat antisipatif untuk terjalinnya kesepahaman dan saling pengertian sebagai bibit untuk tumbuhnya saling kolaborasi antar profesi kesehatan” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Anang S. Otoluwa.

Selaras dengan visi organisasi, salah satu penggerak PMKG, Farel Novriyanto W. Kahar mengatakan, PMKG menjadi wadah berkumpulnya sejawat mahasiswa kesehatan untuk berbagi pengalaman dan ilmu pengetahuan dalam rangka mendorong kolaborasi mahasiswa kesehatan.

“Agar nantinya mampu mengoptimalkan sinergitas sebagai calon-calon praktisi Kesehatan. Dengan menjunjung tinggi persatuan, harapannya mahasiswa kesehatan se Provinsi Gorontalo bisa menyelenggarakan agenda-agenda sosial kesehatan maupun keilmiahan yang memiliki output dan impact yang tidak saja untuk mahasiswa tetapi juga berdampak pada masyarakat luas” terangnya.

Nada yang sama disampaikan, Mohamad Firgiyawan Mustaki yang juga selaku penggerak PMKG. Ia katakan bajwa PMKG sangat penting untuk mengawal segala bentuk persoalan terkait Kesehatan di Provinsi Gorontalo.

“Mahasiswa Kesehatan yang ada di Gorontalo harus mampu menjadi penggerak dan menjadi salah satu alasan mengapa PMKG ini dibentuk, semua atas dasar kesadaran untuk dapat mengawal isu Kesehatan di Gorontalo” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Karateker PMKG, Gitariya Yahya menambahkan, tujuan deklarasi PMKG sebagai bentuk komitmen bersama dalam memperjuangkan kesejahteraan di bidang kesehatan dan pengembangan mahasiswa Kesehatan di Provinsi Gorontalo.

“Kami akan terus mendorong kolaborasi, pengembangan diri, dan pemberdayaan mahasiswa dalam bidang kesehatan, demi menciptakan generasi yang siap menghadapi tantangan zaman. Dengan semangat kebersamaan dan kesadaran akan tanggung jawab sosial, kami yakin akan mewujudkan misi persatuan untuk kemajuan bersama.” katanya.

Akhir penyampaian, Ikram Wahyudin Mantu selaku Ketua BEM FKIK UMGO mengungkapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas kepercayaannya sebagai tuan rumah deklarasi PMKG ini, karena sejatinya organisasi ini adalah rumah untuk kita semua, mahasiswa kesehatan se Provinsi Gorontalo. Semoga dengan berdirinya organisasi ini, akan lebih mempererat tali silaturahim sejawat mahasiswa kesehatan. (RJL)