Matangkan Kesiapan Pemilu, Lapas Kls IIA Gorontalo Bakal Gelar Pertemuan Dengan KPU dan Dukcapil

BCI.News, KOTA GORONTALO – Dalam rangka mematangkan kesiapan jelang Pemilu 2024, Lapas Kls IIA Gorontalo bakal menggelar pertemuan dengan Dukcapil dan KPU Provinsi Gorontalo yang diagendakan pada Rabu, 24 Januari 2023.

Hal itu dilakukan sebagai langkah untuk memenuhi hak politik warga binaan pada pesta demokrasi nanti. Seperti melakukan pengecekan data biometrik dan perekaman KTP bagi warga binaan.

Kasi Binadik Lapas Kls IIA Gorontalo, Kasdin mengatakan, bahwa pihkanya telah mempersiapkan berbagai hal yang dibutuhkan. Termasuk melakukan komunikasi dengan Dukcapil Kota Gorontalo dalam hal identifikasi bagi Narapidana maupun tahanan yang belum memiliki kartu identitas.

“Untuk besok itu dilakukan lagi indentifikasi melalui geometrik. Jika memang dari narapidana itu sendiri belum melakukan perekaman, maka akan langsung dilakukan perekaman oleh Dukcapil Kota Gorontalo.

Lanjut Kasdin, pihaknya juga baru saja mengirimkan data terkait Daftar Pemilih Tetap (DPT) ke KPU Kota dan KPU Provinsi Gorontalo. Pasalnya, jumlah warga binaan di Lapas Kls IIA Gorontalo mengalami naik turun.

“Jumlah warga binaan di Lapas ini mengalami naik turun. Sekarang jumlah warga binaan ada sekitar 560 orang, termasuk tahanan – tahanan yang jumlahnya belum bisa diprediksi,” katanya.

Disamping itu, Kasdin menjelaskan bahwa pihaknya telah mensosialisasikan tahapan – tahapan Pemilu bagi warga binaan yang kedepannya dapat menggunakan hak pilih pada Pemilu nanti.

“Yang artinya dalam hal ini mereka bebas lebih awal dari sesuai yang tertera dari aspirasi dalam pembebasannya itu. misalnya sapa tau mereka mendapatkan pembebasan bersyarat maka itu bisa digunakan kemudian melaporkan ketempat di mana tempat dia berada,” pungkasnya. (CRL/BCINews)