Begini Cara KKN Profesi Kesehatan UNG Turunkan Angka Stunting di Desa Langge

BCI.NEWS, BONEBOL – Dalam rangka menurunkan angka stunting di Desa Langge, Kecamatan Tapa, Kabupaten Bone Bolango, KKN Profesi Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menggelar pelatihan pembuatan produk kesehatan berbasis ikan layang, Sabtu (24/12/2022)

Ketua Dosen Pembimbing Lapangan, Hamsidar Hasan mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal dalam hal pencegahan resiko stunting di desa langge.

Bahan dasar Ikan layang atau yang lebih dikenal masyarakat luas kata Hamsidar, adalah ikan lajang yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Gorontalo.

“Oleh sebab itu, pelatihan ini mendorong para orang tua untuk dapat mengolah makanan tinggi protein yang dapat disukai anak-anak dan juga penambah nafsu makan Anak,” jelas Hamsidar.

Sementara itu, Kepala Desa Langge, Salim Sunati memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Profesi Kesehatan sangat bermanfaat bagi masyarakatnya.

“Kami terutama para orang tua yang memiliki anak balita dan batita. Oleh sebab itu harapannya agar produk yang ditawarkan oleh mahasiswa dan Dosen pembimbing lapangan ini dapat diteruskan dan diolah oleh masyarakat saya untuk menjadi makanan tambahan pencegah resiko stunting,” katanya.

Tempat yang sama, Koordinator Desa Langge, Abdul Mun’Im menyampaikan terima kasih kepada aparat desa dan masyarakat yang telah menyambut baik kegiatan tersebut.

“Kami sangat berterimakasih kepada pihak aparat desa, khususnya masyarakat Langge yang begitu antusias mengikuti program pelatihan ini …,”

“Meskipun berdasarkan data yang ada, jumlah Anak resiko stunting di Desa Langge berjumlah 28 anak, tidak menjadi sebuah tolak ukur bahwa masyarakat Desa Langge menjadi desa kategori ekstrim Lokus Stunting ….,”

“Kami sebagai mahasiswa profesi Kesehatan sangat mengapresiasi dukungan dari Desa Langge atas terselenggaranya kegiatan inti kami ini,” tandasnya. (CRL)