Kesehatan Jiwa Jadi Program Inti Mahasiswa KKN PK UNG di Desa Tabongo

BCI. News, (BOALEMO) – Sehat jiwa menjadi isu yang di angkat oleh Kelompok Mahasiswa KKN Profesi Kesehatan UNG 2023 di Desa Tabongo Kecamatan Dulupi, Kabupaten Boalemo.

Program ini diselenggarakan tidak terlepas dengan maraknya peristiwa bunuh diri di Provinsi Gorontalo. Pasalnya mulai awal Januari hingga Juli tercatat kasus bunuh diri sudah 22 kasus yang didominasi kaum wanita.

Tentu hal ini menjadi perhatian semua pihak terutama bagi mahasiswa KKN Profesi PK UNG yang mengabdi selama 45 hari di Desa Tabongo, Kecamatan Dulupi. Diantaranya Jurusan Ilmu Keperawatan, Kesehatan Masyarakat, Farmasi dan Kedokteran.

Koordinator Desa KKN PK UNG, Firgiyawan Mustaki menyampaikan, pihaknya akan melakukan pelatihan dan pembentukan kader sehat jiwaku. Hal ini dilakukan sebagai Upaya mewujudkan desa siaga sehat jiwa di kawasan teluk tomini.

“Tentu semua pihak punya peran dan tanggung jawab yang sama dalam mengatasi kasus bunuh diri ini. Semua harus menghadirkan win – win solusi yang berdampak positif terhadap masyarakat, utamanya mewujudkan desa siaga sehat jiwa,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Tabongo, memberikan apresiasi atas atas program-program mahasiswa KKN Profesi Kesehatan UNG 2023 di wilayahnya. Pasalnya program – program khususnya program sehat jiwa sangat penting dan bermanfaat mencegah terjadinya kasus bunuh diri.

“Atas nama Pemerintah Desa saya sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih karena telah memilih desa tabongo sebagai desa siap siaga jiwa, karena melihat kasus bunuh diri yang begitu Parah di Provinsi Gorontalo,” tandanya. (RKS)