Semarak ke 59 HBP, 12 Kafilah Lapas Gorontalo Ikut Lomba MTQ

BCI. News (GORONTALO) – Jajaran Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Gorontalo menggelar lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) antar warga binaan yang dipusatkan di Lapas Kelas IIA Gorontalo.

Ini dilakukan dalam rangka menyemarakan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) Ke-59 Tahun 2023 dengan tema Transformasi Pemasyarakatan Semakin Pasti BerAKHLAK, Indonesia Maju.

Dalam sambutannya, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Gorontalo mengatakan, lomba MTQ antar warga binaan merupakan tahapan seleksi awal, untuk mencari satu warga binaan terbaik yang akan diutus mewakili wilayah Gorontalo untuk mengikuti kompetisi ditingkat nasional.

“MTQ warga binaan ini perdana dilaksanakan di Gorontalo dalam rangka memperingati HBP ke 59 Tahun 2023. Nantinya warga binaan yang mendapat juara dalam ajang ini akan diutus ke tingkat pusat pada 4 April secara virtual,” ujarnya.

Lomba MTQ yang dipusatkan di Masjid At Taubah Lapas Kelas IIA Gorontalo ini diikuti 12 peserta terbaik yang diutus dari masing – masing UPT Lapas Gorontalo.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Dewan Hakim dari LPTQ Gorontalo atas segala dukungannya, juga kepada Lapas Gorontalo selaku tuan rumah penyelenggara. Kami berharap kepada seluruh peserta bahwa dengan diadakannya lomba MTQ ini dapat meningkatkan kualitas iman dan taqwa warga binaan,” katanya.

Nada yang sama disampaikan Kasi Binadik Lapas Kelas IIA Gorontalo, Kasdin Lato. Ia menambahkan, kegiatan ini berujuan mencari bakat-bakat potensial dalam rangka pembinaan kepribadian, sekaligus memberikan motivasi bagi warga binaan dalam mempelajari dan mendalami seni membaca Al Qur’an.

“Peningkatan pemahaman dan pengamalan keagamaan merupakan salah satu program wajib Lapas Gorontalo. Kami berharap seluruh peserta bisa mengimplementasikan kandungan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga bisa melekat dan memberikan motivasi diri untuk selalu berbuat kebaikan di jalan Allah SWT,” terangnya.

Sementara itu, salah satu Dewan Hakim Lomba MTQ, Masni menjelaskan lomba yang diikuti oleh para peserta terdiri dari 3 kategori. Yaitu kategori dewasa pria, kategori dewasa wanita dan Kategori anak.

“Dan berdasarkan indikator penilaian yang sudah ditetapkan oleh Dewan Hakim, maka yg menjadi pemenang Lomba MTQ antar warga binaan adalah sebagai berikut : Juara 1 Kategori Pria Dewasa adalah Usman Mahmud (Lapas Gorontalo), Juara 1 Kategori Wanita Dewasa adalah Zenab Panigoro (Lapas Perempuan) dan juara 1 kategori anak adalah Aditya Sabhara (LPKA),” pungkasnya. (*)