Gelar RAT Tahun Buku 2022, KPPDK Lapas Kelas IIA Gorontalo Capai Kinerja Maksimal

BCI.News, KOTA GORONTALO – Koperasi Pengayoman Pegawai Departemen Kehakiman (KPPDK) Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Gorontalo menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2022, Rabu(08/02).

Pelaksanaan RAT tersebut dihadiri langsung oleh Dewan Pembina Koperasi yang juga selaku Kalapas Gorontalo, Indra S. Mokoagow yang diwakili oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Kasim Mohungo dan Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Kota Gorontalo, Nixon Rachman.

Kegiatan yang digelar sejak pagi, yang diawali dengan laporan selayang pandang perjalanan koperasi selama Tahun Buku 2022 oleh Ketua Koperasi, Sri Yolanda Djafar.

Secara garis besar, Sri Yolanda memaparkan, bahwa secara organisasi, keberadaan koperasi telah menunjukan kinerja yang maksimal. Tentunya pencapaian prestasi tersebut tak luput dari soliditas dan kepatuhan antara pengurus, pengawas dan anggota dalam menjalankan program kerjanya.

“Prestasi yang diraih oleh koperasi ini, 5 kali berturut-turut dinobatkan sebagai koperasi pegawai berprestasi kategori Simpan Pinjam tingkat Kota Gorontalo dan tingkat Provinsi Gorontalo. Dan tahun ini diagendakan akan mengikuti nominasi koperasi berprestasi tingkat nasional kategori Koperasi Star Up dengan dukungan pengelolaan organisasi secara sistem digital,” beber Sri Yolanda.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan UKM Kota Gorontalo, Nixon Rachman menyampikan, bahwa RAT KPPDK merupakan wujud transparansi dan pertanggungjawaban kinerja pengurus koperasi setiap tahun. Dan ini menjadi salah satu indikator sehat tidaknya organisasi koperasi.

“Dalam RAT juga disampaikan laporan pertanggungjawaban pengurus, pengawas dan pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU). Dan ini merupakan momentum strategis untuk proses evaluasi secara menyeluruh,” ucap Nixon.

Nixon mengungkapkan bahwa, dari 333 Koperasi yang harus melaksanakan RAT Tahun buku 2022 di Kota Gorontalo, tercatat 20 Koperasi telah melaksanakan RAT dan salah satunya adalah Kopersi Pengayoman Lapas Gorontalo.

“Tentunya ini memberikan sinyal bahwa Koperasi Pengayoman Lapas Gorontalo, termasuk dalam koperasi yang sehat serta patuh terhadap regulasi yang ada. Saya berharap agar kinerja positif pengurus ini dapat terus ditingkatkan,” katanya.

Rangkaian akhir dari kegiatan RAT Tahun Buku 2022 ini adalah pembagian aneka Doorprize untuk anggota. Terlihat sikap anggota yang sangat antusias mewarnai pelaksanaan RAT tahun buku 2022. (Hms)