Thariq Modanggu Tegaskan ASN Gorut Harus Netral Hadapi Pemilu 2024

BCI.NEWS, GORUT __ Bupati Thariq Modanggu menegaskan kepada seluruh ASN dilingkup Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) untuk bersikap netral dalam menghadapi Pemilu serentak 2024.

Penegasan itu disampaikan Thariq saat menjadi pemateri Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Netralitas ASN pada Pemilu Serentak 2024 yang diksanakan Bawaslu Gorut, Kamis (17/11/2022)

“Kita punya hak politik. Hanya hak memilih. Namun kita tidak boleh berpolitik praktis. Seluruh warga negara juga mempunyai hak untuk memilih. Olehnya hal – hal yang bersifat demokrasi harus ditegakkan sesuai aturan,” katanya.

Lebih lanjut Thariq menjelaskan, bahwa netralitas ASN pada Pemilu merupakan perintah undang – undang. Dan tidak perlu memaksakan orang lain untuk menentukan pilihan.

“Jadi dengan bersifat netral, berarti pada saat yang sama dirinya harus menentukan kemampuannya. Jika yang bersangkutan itu mampu menunjukan kemapuannya, berati dirinya tidak mudah terlibat didalam politik,” jelasnya.

Diakhir penyampaiannya, orang nomor satu di Gorut berharap kepada seluruh pemangku kebijakan di daerah untuk dapat mensosialisasikan netralitas ASN.

“Mari satukan tekad kita untuk netral dalam Pemilu serentak. Harapan saya tidak ada ASN yang terlibat secara hukum. Semua harus netral dalam mensukseskan pesta demokrasi nanti,” tandasnya. (CRL/BCI.NEWS)