Mahasiswa KKN PK UNG Gelar Layanan Pemeriksan Kesehatan Gratis di Tabongo

Bci. News, (BOALEMO) – Menjalani hidup yang sehat adalah hak bagi seluruh masyarakat, tanpa terkecuali mereka yang berada di Desa Tabongo, Kecamatan Dulupi, Kabupaten Boalemo.

Masyarakat disana mendapat perhatian dari mahasiswa profesi kesehatan UNG untuk memeperoleh layanan pemeriksaan kesehatan gratis. Seperti pengecekan tekanan darah (tensi darah) dan pengecekan gula darah.

Pemeriksaan gratis dibidang kesehatan ini merupakan salah satu program KKN PK UNG yang dikerjasamakan dengan perangkat Desa Tabongo bersama Puskesmas Dulupi sebagai tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan.

Kordinator Desa KKN Profesi Kesehatan, Firgiyawan Mustaki mengungkapkan, pemeriksaan kesehatan gratis ini merupakan salah satu program kerja dari KKN Desa Tabongo dalam Bidang Kesehatan. 

“Dengan adanya kegiatan pemeriksaan ini warga menjadi semakin sadar akan pentingnya menjaga dan mengetahui kondisi kesehatan diri sendiri,” kata Firgiyawan, Minggu (23/7/2023).

Sementara itu, Kepala Desa Tabongo, Anshar Datau merespon positif kegiatan mahasiswa di wilayahnya. Kata dia, kegiatan tersebut sangat penting dan bermanfaat dalam menunjang kesehatan masyarakat.

“Kami mendukung penuh seluruh kegiatan mahasiswa KKN di Desa Tabongo. Salah satunya pengecekan kesehatan gratis. Dimana kegiatan ini sangat membantu, dikarenakan masih banyak warga yang tidak melakukan pengecekkan kesehatan pada diri sendiri,” pungkasnya.

Adapun dari pengecekan kesehatan yang dilakukan ini, tidak ada penyakit yang serius ditemukan pada masyarakat desa. Sedangkan untuk hasil  tekanan darah dan juga gulah darah warga Desa Tabongo berada pada rata rata normal. (MFR)