Pencegahan Stunting di Desa Bualemo Kec.Kwandang oleh Kejari Kabupaten Gorontalo Utara

Peresmian Pos Pelayanan terpadu (Posyandu) binaan pada 8 Juli 2022 oleh Kejaksaan Negeri Kab. Gorontalo Utara (Gorut) melaui Ikatan Adhyaksa Dharmakarin (IAD) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Gorontalo Utara terhadap program peduli dan pencegahan stunting pada anak di Desa Bualemo, Kec. Kwandang.

Dinas Kesehatan Kab. Gorontalo Utara bekerja sama dengan Ikatan Adhyaksa Dharmakarin (IAD) Daerah Kab. Gorontalo Utara memilih satu Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) binaan, tepatnya Posyandu di Desa Bualemo, Kec. Kwandang, Kab. Gorontalo Utara untuk melaksanakan program Peduli dan Pencegahan Stunting Pada Anak.

Harapannya nanti melalui Posyandu binaan dapat memberikan sosialisasi maupun edukasi kepada masyarakat, khususnya Ibu Hamil terkait peduli stunting pada anak. Adapun bantuan yang diberikan dari Dinas Kesehatan telah diserahkan pada Kejaksaan Negeri Gorontalo Utara untuk diserahkan langsung oleh IDA kepada Kader Posyandu Desa Bualemo

Selain itu, Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarin/IAD Gorontalo Utara (Nurini Doni K. Ritonga) melalui anggota IAD menyampaikan Kegiatan ini terpusat dilakukan di seluruh Indonesia berdasarkan petunjuk langsung dari Ibu Jagsa Agung di Jakarta, agar seluruh Kejaksaan Negeri, Kejaksaan Tinggi, diwajibkan minimal mendapat satu tempat Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) binaan, sebagai upaya pencegahan stunting pada anak Balita. Oleh karena itu, melalui Posyandu binaan disediakan bantuan kepada Ibu Hamil dan Balita dalam setiap pelayanan Posyandu berlangsung.

Adapun bantuan yang diberikan kepada Ibu Hamil dan Balita sesuai dengan pendataan yang dilakukan oleh Kader Posyandu Desa Bualemo, Kec. Kwandang, Kab. Gorontalo Utara, yaitu Susu Lactamil 200 mg sebanyak 3 dus untuk Ibu Hamil dan Susu SGM 200 mg sebanyak 2 dus untuk Balita

Diketahui untuk data hasil pemeriksaan di Posyandu Desa Bualemo tanggal 8 Juli 2022 terhadap stunting pada balita sejumlah 5 orang, yang dikategorukan berdasarkan ukuran tinggi badan dan berat badan sesuai standar anak sehat.

.