Layanan Psikolog Klinis Solusi Atasi Kasus Bunuh Diri di Gorontalo

BCI. News, Gorontalo – Kasus bunuh diri dengan cara gantung diri akhir – akhir ini marak terjadi di Gorontalo. Mulai Januari hingga Juli 2023, total kasus bunuh diri diperkirakan sudah ada 20 kasus.

Menyikapi hal ini, pengurus HIMPSI Provinsi Gorontalo, Christy Nainggolan menyarankan, pemerintah Provinsi Gorontalo membuka layanan psikolog klinis di seluruh Puskesmas kabupaten/kota.

“Saran saya agar pemerintah dapat menyasar Puskesmas untuk menempatkan para psikolog dengan membuka layanan psikolog klinis,” katanya.

Untuk membuka layanan psikolog klinis tersebut lanjut Christy, pemerintah harus berkoordinasi dengan dinas kesehatan kabupaten/kota atau para psikolog Indonesia.

“Para psikolog di Gorontalo ini cukup banyak. Libatkan mereka membantu pemerintah menggerakkan program kesehatan di Gorontalo. Disatu sisi sangat bermanfaat mengatasi gangguan kesehatan mental masyarakat,” jelasnya.

Apa yang disampaikan Christy bukan tanpa alasan. Sebab hal tersebut sangat penting untuk mengubah, mempengaruhi serta mengendalikan perilaku seseorang yang mempunyai masalah kesehatan mental.

“Program kesehatan mental masyarakat penting diterapkan pemerintah. Sebab kesehatan mental sudah menjadi kebutuhan kita sebagai manusia,” pungkasnya. (YN)