Mahasiswa KKN Kesehatan UNG Gelar Sosialisasi Pencegahan Stunting Melalui Isi Piringku

BCI.News, BONEBOL – Mahasiswa KKN Profesi Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo menggelar sosialisasi pencegahan stunting lewat isi piringku, Jumat (23/12/2022)

Sosialisasi yang dilakasanakan di Dusun 3 Desa Dunggala, Kecamatan Tapa, Bone Bolango menghadirkan Kepala Seksi Pengendalian Penduduk KB dan Gizi Dikes Provinsi Gorontalo, Shinto Mohamad sebagai Narasumber.

Tri Riski Kobisi selaku Koordinator KKN Desa Dunggala mengatakan, bahwa kegiatan ini penting di laksanakan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, tentang pentingnya pencegahan stunting dan pengenalan isi piringku sebagai program pengganti 4 sehat 5 sempurna.

“Dimana isi piringku ini mengajarkan bukan hanya apa yg kita makan. Namun seberapa banyak porsi dari masing – masing sumber nutrisi sehinggannya dapat tercapai gizi seimbang,” katanya.

Riski menambahkan, selain sosialisasi, pihaknya juga mengadakan lomba mengenai isi piringku. Hal ini dilakukan dengan tujuan merubah pola kebiasaan masyarakat sebagai bentuk upaya lanjutan.

“Alhamdulillah kegiatan ini berjalan lancar. Dan melalui kegiatan ini, semoga masyarakat lebih memahami tentang pentingnya merubah pola makan sehingga paham akan gizi seimbang,” harapnya.

Sementara itu, Mulyadi Rahim selaku Kepala Desa Dunggala memberikan apresiasi dan dukungan penuh atas terlaksananya kegiatan tersebut. Pasalnya, kegiatan yang digagas mahsiswa UNG bisa menambah pemahaman masyarakatnya untuk menjaga pola makan, khususnya bagi ibu rumah tangga.

“Kegiatan ini sangat penting dikarenakan bisa menambah pemahaman masyarakat, hususnya ibu rumah tangga tentang porsi makanan yang seharusnya di terapkan pada kehidupan kita masing-masing…,”

“Dan selaku Kepala Desa Dunggala, saya mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa KKN Profesi Kesehatan UNG yang telah melaksanakan kegiatan sosialisasi ini. Dan ini menjadi langkah awal untuk pencegahan angka stanting di Desa Dunggala,” tandasnya. (CRL)