KPU Kota Gorontalo Gelar Rakor Persiapan TPS Khusus Lapas

BCI.News, GORONTALO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gorontalo menggelar rapat koordinasi bersama Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Gorontalo.

Rapat koordinasi yang digelar di Aula KPU Kota Gorontalo itu membahas tentang penetapan TPS Khusus dan pemutakhiran data pemilih warga binaan, Senin (20/02/2023)

Lapas Binadik Lapas Kelas IIA Gorontalo, Kasdin Lato menyampaikan dukungan dan apresiasi atas kesiapan KPU Kota Gorontalo dalam menyiapkan TPS khusus bagi warga binaan.

“Kami sangat mengapresiasi atas kesiapan rencana terobosan KPU Kota Gorontalo untuk menyediakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus di dalam Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas Klas IIA Gorontalo …,”

“Tentunya terkait TPS khusus di dalam Lapas merupakan salah satu upaya untuk mengakomodir warga binaan menggunakan haknya pada pemilihan umum 2024, dan kami nyatakan bahwa Lapas klas IIA Gorontalo siap untuk memback up secara penuh persiapan persiapan ini,” katanya.

Kasdin menjelaskan, bahwa pihaknya akan menyiapkan personil pengamanan untuk mensterilkan lokasi TPS khusus saat pemungutan suara berlangsung.

“Kami juga akan menyiapkan satuan personil pengamanan yang akan mensterilkan lokasi pemungutan suara. Sehingga prosesnya nanti dapat berjalan aman dan tertib.

Sementara itu, Komisioner KPU Kota Gorontalo menerangkan bahwa TPS khusus Lapas telah diatur dalam UU dan PKUP.

“Sehingga memungkinkan untuk difasilitasi TPS Khusus di dalam Lapas. hal ini terkait dengan keamanan bersama. Dan upaya ini dilakukan untuk menjaga hak pilih warga binaan pada Pemilu 2024 mendatang,” pungkasnya. (RLS)