Begini Reaksi Rakyat Suwawa Kecam Aksi Unras AMMPD

BCI.NEWS, BONEBOL – Aksi unjuk rasa Aliansi Masyarakat Mahasiwa Peduli Daerah (AMMPD) yang digelar beberapa waktu lalu terkait persoalan tambang batu hitam mendapat respon dari tukang ojek bersama aktivis Suwawa.

Mereka menduga bahwa, aksi unjuk rasa yang dikoordinir oleh Taufik Buhungo hanya mempunyai kepentingan kelompok saja. Disamping itu, Taufik Buhungo dinilai terlalu masuk ke dalam persoalan batu hitam tanpa mengetahui seluk-beluk dan juga dampak kepada masyarakat.

“Saya tidak pernah mendengar nama Taufik Buhungo. Hal ini sudah biasa terjadi. Ketika ada isu-isu hangat, banyak orang yang ingin naik panggung dan mencari eksistensi di persoalan ini,” ucap Alfi yang biasa di sebut Alapi Suwawa, Selasa (06/11/2022).

Ia menjelaskan bahwa, kompetitor di Suwawa sangat banyak. Namun sayangnya Taufik Buhungo hanya mengangkat salah satu nama. Sehingga terkesan mempunyai kepentingan di salah satu kelompok.

“Apalagi Pak Warsono tidak terlibat di persoalan batu hitam. Kalau bicara persoalan kompetitor banyak, kenapa hanya nama itu terus yang di sebut,” katanya

“Kita fokus saja di solusi yang dihasilkan di FGD kemarin bersama Forkopimda Bonebol. Jangan hanya mengkritik tanpa melihat dampak kepada masyarakat penambang,” sambungnya.

Alfi mengungkapkan, masyarakat Suwawa sebagian besar berprofesi sebagai penambang. Sudah 30 tahun mereka mengadu nasib di wilayah pertambangan yang berada di wilayah itu.

“Sehingga ini perlu diberikan solusi demi hajat hidup rakyat Suwawa. Bukan malah mempersoalkan hal-hal yang tidak berdampak positif terhadap hajat hidup masyarakat Suwawa,” tandasnya. (CRL)